Friday, December 26, 2014

Berikut beberapa keuntungan ternak sapi potong

Berikut beberapa keuntungan beternak sapi potong.

1. Kebutuhan Daging Sapi Potong terus meningkat dan berkesinambungan

Kebutuhan daging sapi potong bagi industri kecil dan rumah tangga, termasuk industri pembuatan bakso dan rumah makan masih bisa dipasok dari pemotongan sapi didalam negeri. Namun, beda halnya dengan kebutuhan daging sapi untuk industri skala besar dan menengah yang tidak bisa dipenuhi oleh produksi dalam negeri.

2. Belum banyak yang beternak sapi secara intensif

Mayoritas sistem pemeliharaan sapi potong di Indonesia tidak dilakukan secara intensif. Kegiatan beternak sapi potong hanya sebagai usaha sampingan. Bahkan, rata-rata kepemilikan sapi potong peternak di Indonesia hanya sekitar 2-5 ekor. Keadaan ini sangat berbeda dengan kondisi peternakan diluar negeri yang sudah memelihara sapi dengan sangat intensif dengan populasi puluhan hingga ratusan ekor. Karna itu, kondisi ini menciptakan peluang bagi siapa saja yang berminat untuk beternak sapi potong.

3. Harga Jual Sapi tinggi dan terdapat Momen Harga melambung tinggi

Harga jual daging sapi selalu lebih mahal dibandingkan dengnan harga jual daging ayam, itik atau kambing. Harga daging sapi ditingkat konsumen rata-rata 60.000/kg, sedangkan harga bobot hidup daging sapi ditingkat peternak rata-rata 30.000/kg pada hari biasa. Pada momen-momen tertentu seperti Hari Raya idul Fitri dan Idul Adha, harga daging sapi ditingkat konsumen rata-rata mencapi 70.000/kg, sedangkan harga bobot hidup daging sapi ditingkat peternak mencapi 35.000/kg.

4. Dapat memilih segmen usaha yang ingin dijalani

Usaha beternak sapi potong menawarkan banyak bidang usaha. Misalnya, usaha bagian hulu yang dapat menunjang usaha pembesaran, meliputi pembibitan, sarana produksi, pakan dan obat-obatan. Diusaha sentral, segemen usaha yang dapat dijalankan berupa industri penggemukan dan penyediaan pupuk organik. Sementara itu, di industri hilir terbuka peluang usaha seperti rumah pemotongan hewan, distributor dan penjual daging di pasar. Berikut jenis usaha utama dan usaha sampingan yang bisa dipilih dalamm usaha bisnis sapi potong :

Usaha Pembibitan
Usaha Penggemukan Sapi Potong
Usaha Pengolahan Kotoran Sapi
Usaha Penunjang Beternak Sapi Potong

No comments:

Post a Comment