Friday, December 26, 2014

Penggemukan Sapi Potong

Penggemukan Sapi Potong

Usaha Penggemukan Sapi Potong merupakan usaha yang paling banyak digeluti oleh peternak di Indonesia. Usaha ini sangat mudah dioperasikan karena sapi  hanya dipelihara sekitar 4-6 bulan, tergantung pada umur sapi potong yang dibeli dan keinginan peternak memeliharanya.

Berdasarkan pengalaman penulis, keuntungan  bersih penggemukan sapi potong mencapai 1-1,5 juta per ekor selama 4-6 bulan pemeliharaan. Keuntungan tentu semakin berlipat jika sapi yang dipelihara semakin banyak. Sebagai contoh, pemeliharaan 30 ekor sapi potong selama 4-6 bulan dapat menghasilkan pendapatan bersih 30-45 juta rupiah. Keuntungan bersih tersebut sungguh sangat “nikmat” bagi peternak, karna hanya membutuhkan waktu sekitar 4-6 bulan.

Dari populasi sapi yang ada dipeternakan biasanya terdapat 1-2 ekor sapi “spesial”. Sapi tersebut memiliki pertambahan bobot jauh lebih besar dibandingkan pertumbuhan sapi potong yang lain (meskipun dari jenis yang sama). Sapi dengan karakteristik seperti ini biasanya memiliki biasanya memiliki nafsu makan jauh lebih besar daripada sapi lainnya, sehingga bisa memberikan keuntungan bersih mencapai 3 juta per ekor selama 4-6 bulan pemeliharaan. Walaupun biaya pakan akan sedikit bertambah dibandingkan dengan sapi yang nafsu makannya biasa saja, keuntungan dari penjualan sapi potong seperti ini berlipat daripada biaya pakan yang dikeluarkan.

No comments:

Post a Comment